Senin, 14 Maret 2011

CARA SINGKAT MENGECEK KARBU VAKUM


Pengen singkat mengecek azas vakumpada karbu model vakum. Cukup semprotkan angin bertekanan tinggi bertekanan dari kompresor di bagian lubang by pas vakum piston. Tapi, aturannya jangan terlalu besar porsi angin yang disemprotkan, “bisa diatur dengan menjauhkan jarak jet spray denagn lubang by pass vakum piston, agar karet vakum tidak jebol”.
Saat angin yang disemprotkan ke by pass vakum piston atau skeep harus terangkat naik. Itu indikasi normal nya kondisi karet diafragma yang menciptakan azas vakum. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengecek, kekenyalan pegas vakum piston. “sebab, saat semburan angin pada by pass vakum piston dihentikan, dengan sendirinya vakum piston akan turun.”
Tapi ketika semburan angin yang disemprotkan pada by pass vakum piston dan vakum piston tidak bereaksi, itu artinya karet diagfragma mulai bermasalah. Selain mengalami kebocoran atau lubang pada karet, kadang lis karet diafragma nggak tepat pada dudukan atau terjepit.
“kalau sampai mengalami problem seperti itu, lakukan pemeriksaan pada perangkat karet diafragmanya. Cara ini berlaku buat keseluruhan karbu vakum motor lokal”.

0 komentar:

Posting Komentar