Minggu, 20 Maret 2011

BORE UP YAMAHA BYSON KAPASITAS 197,99 CC

Yamaha byson tampangnya memang keren. Sporty. Sayang kapasitas mesinnya yang 150 cc tenaganya tak segarang bodinya. Mau gak mau jika pengin meningkatkan performa Byson harus dilakukan ubahan di sector mesin.
Menaikkan power Byson memilih langkah membengkakkan isi silinder mesin. Cara yang ditempuh adalah jurus “BORE UP dan Ganti KLEP”. Dengan kapasitas ( Gambar 1 ) naik, performanya tentu bakal berubah lebih baik sesuai harapan.
Seher asli yang diametrnya 58 mm digeser. Diganti piston Hi-Speed berdiamater 66 mm ( Gambar 2 ). 

 Ukuran piston 66 mm membuat lubang liner standar tak cukup. Boring asli diangkat dan diganti liner dengan diameter luar 73 mm dan diameter dalamnya menyesuaikan seher. Kapasiatas mesin yang telah meningkat menjadi 197,99 cc perlu penataan ulang di silinder kop supaya kompresi dan tenaganya maksimal. 
Klep sebagai pintu masuk dan keluar bahan bakar  dan gas sisa ke ruang bakar dibesarkan. Aslinya berukuran 28 mm ( in ) dan 24 mm ( ex ) diganti dengan ukuran yang lebih gede. Yakni 34 mm ( in ) ( Gambar 3 )
dan 30 mm ( ex ) ( Gambar 4 ) denagn menggunakan klep dari thahiland.
Penggantian klep dengan ukuran yang lebih besar membuat posisi kemiringan klep harus ditata ulang agar tidak berbenturan saat overlap. Klep in dibuka  dari posisi standard an lkep out jika dibuka . Masih di silinder kop. Sudut dibikin sebesar  ( Gambar 5 ). Supaya letikan pembakarannya sempurna ke semua bahan bakar jadi tidak tersisa.
Selain itu lubang saluran masuk dan buang juga dipermak. Porting silinder head Byson dihaluskan. Hanya saj paking setebal 0,5 mm antara silinder head dan blog tidak dipasang. “Tujannya supaya rasio kompresinya meningkat. Tenaganya akan ikut naik”. kini larinya bisa sampai 130 km/jam dari sebelumya cumin mentok di 110 km/jam. So buat modiflover dan speedlover yang kuda besinya Byson bisa dicoba ….. GAAASSSSZZZZ…..

2 komentar:

charisma mengatakan...

kapan" diajarin modif motorku ya die !

Unknown mengatakan...

bos bisa over size byson?.
lokasi di mana?
bisikin alamat ente donk bro?
motor ane dah ngebul nih.
kirim ke email ane aja nih riekey44@gmail.com
thanks.

Posting Komentar