Minggu, 27 Maret 2011

CARA PRAKTIS MERAWAT KROM



Tidak bisa dipungkiri jika kilau krom yang melapis bagian-bagian metal motor, jadi magnet penarik perhatian berkat keindahan yang dipancarkannya. Namun keteledoran perawatan atau penanganan krom bisa berujung fatal kala lapisan krom motor anda tidak lagi berkilau. Ada beberapa hal yang menjadi momok bagi krom, tentunya dengan mudah bisa merusak keindahannya, diantaranya adalah angin/ air laut, air hujan, air aki. Ketiganya memiliki kandungan asam yang cukup kuat sehingga gampang menghancurkan krom. Karenanya sebisa mungkin jauhkan krom dari ketiga elemen tersebut.
Ada berbagai cara murah yang bisa dilakukan untuk menjaga kilau krom. Yang pasti harus dilakukan rutin dan berkala agar kilaunya tetap bertahan lama. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah :

WASPADA DI MUSIM HUJAN

Perawatan ekstra memang dituntut pada musim penghujan, karena air hujan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi dan mudah menimbulkan bercak atau noda bila tidaj langsung dibersihkan.
Karenanya jika memang terkena hujan, segera cuci dengan sampo mobil atau dengan sampo rambut. Kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir . lalu keringkan dengan lap bersih. Jangan sekali-kali mencucui dengan sabun diterjen atau sabun cole, karena kandungan asamnya cukup tinggi.

MEDIA MURAH MERIAH KEMBALIKAN KILAU KROM


Ada banyak media murah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengkilap krom. Antaranya bisa dengan minyak kayu putih yang dituang ke kain lap bersih unutk digosokkan ke permukaan krom yang kotor dan biarkan menguap. Setelah kering, lakukan pengelapan dengan kain lap bersih.
Bisa juga dengan bantuan pasta gigi berwarna putih non gel. Siapkan lap katun yang halus dan bersih, lantas oleskan pasta gigi ke permukaan lap dan langsung lakukan pembersihan ke permukaan krom.
Butiran-butiran micron pasta gigi secara otomatis akan membersihkan kotoran dan menghaluskan kembali permukaan krom yang kusam, biarkan beberapa saat, kemudian gosok kembali dengan lap bersih.
Tidak kalah sakti, bedak bayi atau pun tepung terigu juga handal mengkilapkan kembali lapisan krom. Biasanya digunakan sebagai pengganti bubuk magnesium yang terdapat di took bahan kimia. Taburkan bedak dengan merata ke seluruh permukaan lapisan krom. Lalu, lakukan pengelapan menggunakan kain lembut secara kontinu.

CHROME POLISHER

Jika ingin mendapatkan hasil kilau yang maksimal, bisa tuh modiflover yang seneng blink-blink pada kuda besinya tebus chrome polisher yang banyak dijual di pasar dengan range harga sekitar Rp. 60 – 150 ribu per kemasan botol.
Penggunaan cukup sederhana yakni dengan media penggosok kertas bekas, gosokkan secara merata pada lapisan krom. Diamkan beberapa saat hingga kering, lanjutkan dengan pembersihan menggunakan kain lap bersih.

3 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Kalau obat untuk pengkilap blok kop pada sirip2 ny pakai apa sob, soal ny pakai langsol dengan alat bantu gerinda g bisa

Posting Komentar